CARA AMAN BAYAR TAGIHAN MELALUI MOBILE BANKING

CaraBayar.comSelain istilah ‘internet banking’ atau ‘e-banking’ yang sudah menggema di tengah-tengah perkembangan teknologi, utamanya dalam bidang perbankan, ada satu lagi yang juga mungkin cukup familiar di telinga Anda. Mobile banking atau juga SMS banking, bisa dibilang sedikit mirip dengan internet banking, hanya saja media yang digunakan berbeda.
Apabila internet banking mengandalkan situs web sebagai media banking Anda yang biasanya diakses melalui laptop atau PC, maka mobile dan SMS banking lebih mengandalkan ponsel Anda, yang dapat dibawa kemana-mana. Pada dasarnya, mobile dan SMS banking sama, hanya saja mobile banking lebih familiar dengan aplikasi, sedangkan SMS banking mengandalkan layanan pesan SMS sebagai alat pengiriman data dan sebaginya.
CARA AMAN BAYAR TAGIHAN MELALUI MOBILE BANKING

KEUNTUNGAN MOBILE BANKING
Tentu hal paling utama yang diinginkan oleh nasabah dalam setiap proses transaksi perbankan adalah kemudahan, sehingga mereka tidak harus menghabiskan waktu lama hanya untuk mengirim uang atau mengubah data akun bank mereka. Nah, karena itulah sejumlah bank di negeri ini melengkapi pelayanan mereka dengan sistem mobile banking dimana nasabah dapat melakukan transaksinya dari aplikasi di gadget mereka.
Selain itu, setiap transaksi juga biasanya bebas biaya, tidak seperti transfer melalui ATM yang harus dikenakan biaya administrasi. Dengan meledaknya pengguna smartphone di Indonesia, tentu mobile banking menjadi satu fasilitas yang sangat ditunggu-tunggu. Hanya dengan menginstall aplikasi internet banking bank mereka ke gadget, transaksi terasa jauh lebih mudah.
Transaksi nirkabel semacam ini juga dikatakan lebih aman karena server dari bank yang bersangkutan telah dienkripsi, sehingga keamanan data Anda yang terdapat di aplikasi internet banking smartphone Anda jauh lebih terjamin keamanannya.

KEKURANGAN MOBILE BANKING
Di samping kemudahan dan kenyamanan yang ditawarkan mobile banking, sehingga cara bayar apapun menjadi tidak membebani lagi dari segi waktu dan energy, penggunaan fasilitas mobile banking juga harus dilakukan dengan bertanggung jawab dan bijak. Terdapat beberapa risiko yang mungkin saja menimpa Anda, namun bukan berarti hal itu tidak dapat dicegah.
Salah satu risiko penggunaan mobile banking adalah server penyedia layanan ponsel yang tidak dienkripsi. Kondisi ini membuat data Anda masih rawan dari aksi kejahatan dunia maya, seperti hacking. Hal itu juga mungkin terjadi pada fasilitas SMS Banking, yang mana informasi yang dikirim ke ponsel Anda masih bisa dicuri oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.
Risiko data akun bank Anda dicuri juga bisa disebabkan ketika ponsel Anda hilang atau dicuri orang. Tentu apabila informasi yang tersimpan di dalam ponsel itu ditemukan dan disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab, Anda bisa saja mengalami kehilangan yang cukup besar. Jadi, penting sekali bagi Anda untuk melindungi data dan informasi penting dalam ponsel Anda dengan benar dan hati-hati.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: