CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR VIA ATM BCA

CaraBayar.com - Bayar pajak adalah kewajiban semua warga negara Indonesia, karena dengan bayar pajak kita ikut membangun dan memajukan negara, dan untuk kali ini carabayar.com akan berbagi untuk kamu yang hendak membayar pajak kendaraan motor kamu, mau kantor samsat? kadang antri penuh ya dan akhirnya malas malah kelupaan tidak bayar pajak, tidak boleh gitu kita harus bayar pajak, karena dengan membayar pajak kendaraaan berarti otomatis kita ikut asuranasi jasa raharja jika nanti kecelakaan kamu dapat dana dari bayar pajak kendaraan, sudah tahu? namanya SWDKLLJ.

baca juga: CARA BAYAR PAJAK ONLINE MELALUI E-BILLING

Pernah mendengar SWDKLLJ? Coba semua perhatikan STNK kendaraan. Ketika kamu membayar pajak kendaraan secara tidak langsung kita akan dikenai biaya SWDKLLJ. Trus SWDKLLJ itu apa ? Fungsinya buat apa?
CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR VIA ATM BCA

SWDKLLJ merupakan kepanjangan dari Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan. Nah dengan membayar SWDKLLJ setiap bayar pajak kendaraan, secara tidak langsung diri kita terdaftar ikut asuransi yang dikelola oleh perusahaan BUMN yang bernama Jasa Raharja. Besarnya tarif SWDKLLJ tergantung dari jenis kendaraan. Untuk motor berkapasitas mesin 50 cc s.d. 250 cc akan dikenai tarif Rp 35 ribu. Sedangkan untuk jenis sedan, jip dsb sebesar Rp 143 ribu.

baca juga: CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR MELALUI BANK JATIM

Lalu bagaimana caranya membayar pajak kendaraan motor melalui ATM Bank BCA? menurut sumber yang kita baca, pembayaran melalui ATM Bank BCA hanya untuk domisili polda jawa barat.

CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN MOTOR MELALUI ATM BANK BCA

1. DAFTAR MELALUI SMS

format: esamsat (spasi) nomor rangka (spasi) NIK KTP
kirim ke  Samsat Jabar : 08112119211
Setelah kamu mengirim sms seperti fomat diatas, kamu akan menerima jawaban spesifikasi kendaraan, jumlah tagihan, dan kode bayar.
CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR VIA ATM BCA


2. DATANGI ATM TERDEKAT

a. Masukan kartu debit
b. Masukan PIN kartu debit
c. Pilih menu
MPN -> PAJAK KENDARAAN -> PEMBAYARAN PAJAK
d. Masukan kode 032 (samsat jabar)
CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN MOTOR VIA ATM BCA

e. Masukan kode bayar, tekan benar
CARA BAYAR PAJAK KENDARAAN MOTOR VIA ATM BCA

f. Data motor kamu akan keluar, cek lagi, klo sudah benar, lanjutkan

Informasi yang tertera pada layar ATM berupa jumlah penetapan yang harus dibayar dan pastikan data wajib pajak/pemilik kendaraan bermotor sesuai dengan STNK/SKPD.

Bila data telah sesuai, wajib pajak/pemilik kendaraan bermotor dapat melakukan transaksi, dan akan mendapatkan struk pembayaran sebagai dokumen yang dipersamakan dengan SKPD,

Dengan struk proses regident ranmor telah dilakukan dan wajib pajak tidak perlu lagi ke kantor samsat, kecuali untuk wilayah POLDA METRO JAYA diberlakukan kewajiban menukar struk dengan SKPD max. 7hari setelah transaksi di ATM

Dikarenakan cetakan struk ATM Mudah hilang disarankan untuk "MENUKARNYA" dengan SKPD di semua kantor layanan samsat terdetkat.

Bagaimana mudah bukan cara membayar pajak kendaran bermotor melalui ATM Bank BCA?

Semoga bermanfaat!

Jika ada yang ingin ditanyakan, jangan sungkan untuk berkomentar ya melalui kolom komentar dibawah.

5 komentar:

  1. saya sudah sms esamsat tp dapat balasan DUPLIKASI NO.RANGKA LAKUKAN PEMBAYARAN DI SAMSAT INDUK. maksudx apa min...tlg

    BalasHapus
  2. saya sudah sms esamsat tp dapat balasan DUPLIKASI NO.RANGKA LAKUKAN PEMBAYARAN DI SAMSAT INDUK. maksudx apa min...tlg

    BalasHapus
  3. Saya sudah ikuti prosedur diatas, namun respon atm MAAF NOMOR TAGIHAN ANDA TIDAK TERDAFTAR , gmn ya?

    BalasHapus
  4. Saya sudah coba daftar tapi malah balasannya seperti ini (Format : 1.No.Bayar Via ATM : eSAMSAT No.Rangka No.KTP eMail 2.Info PKB : Info D/1234/ABC Wrnplat 3.No.Bayar Pjk Air : ePAP NPWPD Bln Thn Ke: 0811-211-9-211).gak ada kode bayar malah.

    BalasHapus
  5. Udah dicoba malah nga bs aj...aneh...kode nya ngga terdaftar...pdhal udah dpt kode pembayaran...gmn ini

    BalasHapus