CARA BAYAR TAGIHAN MELALUI INTERNET BANKING

CaraBayar.comSaat ini, kita tidak lagi diwajibkan untuk pergi ke ATM atau teller bank apabila kita ingin melakukan berbagai macam transaksi menggunakan akun bank yang kita miliki. Cara-cara tersebut tergolong kuno, mengingat sekarang Anda cukup membekali diri dengan alat tertentu dan koneksi internet untuk bisa membayar tagihan bulanan dan bahkan berbelanja online. Apakah Anda tahu fitur apa yang sedang kita bahas saat ini?


Internet banking merupakan salah satu fasilitas perbankan yang disediakan oleh sejumlah bank di negeri ini untuk melayani nasabahnya. Tujuannya adalah tentu saja untuk memudahkan nasabah membayar tagihan listrik, telpon air, atau transfer ke e-commerce, tanpa harus pergi ke ATM. Dengan gadget, seperti laptop, smartphone atau tablet, dan koneksi internet, Anda bisa melakukan aktivitas pembayaran dengan lebih mudah.
CARA BAYAR TAGIHAN MELALUI INTERNET BANKING

APA SAJA KEUNTUNGANNYA?
Keuntungan yang akan Anda dapatkan dari penggunaan fasilitas internet banking dari akun bank Anda adalah tentu saja kemudahan dalam bertransaksi. Cara bayar berbagai macam tagihan yang telah diatur oleh sistem situs internet banking juga sangat sederhana, tanpa banyak prosedur yang membingungkan. Asalkan Anda membaca ketentuan dengan teliti, Anda tidak akan menemukan banyak masalah.
Selain itu, Anda tidak perlu khawatir jika tidak punya waktu untuk pergi ke ATM ketika ingin membayar tagihan bulanan atau berbelanja online. Cukup dari gadget Anda, dan koneksi internet yang stabil, Anda cukup masuk ke akun internet banking milik Anda melalui situs internet banking. Dalam sekejap, semua tagihan dapat diselesaikan.

LALU APAKAH ADA KEKURANGANNYA
Bagi Anda yang memahami sistem perbankan online seperti ini, Anda pasti tahu dan mengerti bahwa ada risiko yang patut Anda cegah. Yang membuat transaksi online harus secara hati-hati dilakukan adalah kemungkinan adanya kejahatan dunia maya yang terus mengintai. Cara bayar yang mudah memang membuat orang mudah terlena, tanpa memperhatikan risiko yang mungkin saja terjadi.
Banyak kasus pencurian data akun bank terjadi, dan salah satu penyebabnya adalah ketidakhati-hatian nasabah dalam menjaga kerahasiaan akunnya. Misalnya saja, Anda tidak boleh mengakses akun internet banking milik Anda di tempat publik, seperti warnet atau koneksi wifi umum.
Hal-hal ini perlu dihindari demi mencegah data pribadi Anda dicuri atau disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Apalagi data tersebut berhubungan dengan aset yang Anda miliki di bank tertentu. Jadi, bisa dipahami bahwa di balik kemudahan internet banking, terdapat kemungkinan Anda akan mangalami suatu hal yang tidak mengenakkan, yang tentunya bisa dicegah.
Segera informasikan kepada bank Anda apabila terjadi hal-hal yang mencurigakan pada akun internet banking Anda, dan tentu jangan biarkan orang lain mengetahui PIN Anda, sebagai perlindungan awal dari kejahatan dunia maya.


Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: