CARA AMAN BAYAR TRANSAKSI ONLINE

CaraBayar.comTidak mudah untuk mempercayai seseorang, apalagi sebuah situs web belanja online atau yang sering kita juluki sebagai e-commerce. Memang bisnis ini sedang marak di negeri ini. Terbukti dari begitu banyaknya situs-situs web semacamnya yang bermunculan dalam kurun waktu beberapa tahun terakhir. Semakin ketat persaingan, semakin gencar masing-masing e-commerce menawarkan kemudahan, kenyamanan dan keamanan bertransaksi pada konsumennya.

Sayangnya, masih ada saja beberapa kasus yang kurang mengenakkan menjerat e-commerce. Masih sering kita dengar masalah seperti keterlambatan pengiriman barang atau kesalahan pada barang pesanan yang sampai ke tangan pemesan. Bahkan ada pula yang mengalami kerugian seperti data pribadi yang disalahgunakan.
CARA AMAN BAYAR TRANSAKSI ONLINE

BAGAIMANA ANDA HARUS MERESPON
Dengan adanya masalah-masalah seperti itu yang masih saja terjadi, seberapa kecil kerugiannya, Anda harus berhati-hati dalam bertransaksi secara online, apalagi pada proses pembayaran. Cara bayar yang beragam dan mudah terkadang membuat konsumen begitu mudah terlena atau terpancing, sehingga dia tidak menduga bahwa ada konsekuensi buruk yang bisa saja dia alami.
Definisi “berhati-hati” sendiri cukup luas, mulai dari proses Anda masuk ke situs e-commerce tersebut hingga proses pasca pembayaran dan barang pesanan sampai ke tangan Anda. Nah, untuk lebih detail, simak penjelasan berikut ini.

APA SAJA YANG BISA DILAKUKAN
Tentu saja hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk melindungi diri dari kerugian dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan dalam bertransaksi online adalah dengan memilih e-commerce yang terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Informasi semacam ini bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui review customer yang biasanya dapat dilihat pada komentar yang diberikan customer di akun social media e-commerce tersebut.
Dan juga, perlu Anda ingat, bahwa biasanya e-commerce dengan reputasi yang baik akan mudah dijangkau pelanggannya melalui berbagai akun social media, seperti Twitter, Facebook dan Instagram. Semakin rajin mereka update, maka pelanggan dapat semakin percaya pada akuntabilitas e-commerce tersebut. Mengapa? Karena hal aktivitas tersebut membuktikan keterbukaan mereka kepada pelanggan.
Jika memang Anda sudah merasa yakin pada kualitas e-commerce tempat Anda akan berbelanja secara online, pastikan Anda tidak memasukkan data-data yang sifatnya terlalu pribadi dan janggal untuk diberikan kepada e-commerce tersebut. Pastikan password, PIN dan segala macam nomor atau data yang sangat pribadi tetap aman, yang salah satu caranya adalah dengan memastikan terdapat keterangan https:// pada alamat web e-commerce yang Anda kunjungi.
Selain itu, memilih cara bayar yang menurut Anda paling aman juga dapat menghindarkan Anda dari risiko Anda tidak mendapatkan barang pesanan Anda. Pilihlah cara pembayaran melalui kartu kredit, seperti transfer manual. Pemilihan cara bayar yang aman ini memang tergantung dari preferensi Anda, tapi tetap usahakan Anda menjaga keamanan transaksi online Anda.

Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar: