Cara Bayar Tagihan BPJS Terbaru Via ATM

CaraBayar.com - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS merupakan lembaga yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial di Indonesia menurut Undang-undang Nomor 40 Tahun 2004 dan Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011.

BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.
Cara Bayar Tagihan BPJS Terbaru Via ATM

BPJS Kesehatan bersama BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.

BPJS Kesehatan sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan), yang dikelola oleh PT Askes Indonesia (Persero), namun sesuai UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS, PT. Askes Indonesia berubah menjadi BPJS Kesehatan sejak tanggal 1 Januari 2014. https://id.wikipedia.org/wiki/BPJS_Kesehatan

Jika anda sudah terdaftar sebagai anggota BPJS maka jangan lupa untuk membayar iuran secara teratur dan tepat waktu. Pembayan paling lambat di setiap tanggal 10 setiap bulannya jika melewati tanggal tersebut akan dikenakan denda sebesar 2%. Perlu diketahui untuk melakukan pembayaran pihak BPJS telah bekerjasama dengan beberapa bank yaitu Bank Mandiri, BRI, dan BNI. 

Pembayaran bisa dilakukan dengan mendatangi ke salah satu bank tersebut. Selain dengan cara mendatangi kantor bank pembayaran BPJS juga dipermudah dengan cara bayar BPJS melalui ATM dan juga Internet Banking.

Nominal yang harus dibayar juga disesuaikan dengan kelas saat anda mendaftar sebelumnya. Sekedar mengingatkan jika anda memilih kelas I maka nominal yang harus dibayar adalah Rp 59500, untuk kelas II sebesar Rp 42500, dan kelas III adalah sebesar Rp 25500. Baiklah langsungsaja simak langkah-langkahnya dibawah.

Pembayaran tagihan BPJS Kesehatan melalui ATM membutuhkan kode. Yaitu:

BRI = 88888
BNI = 88888
MANDIRI = 89888

Selanjutnya kode bank tadi ditambah dengan 11 digit angka nomor virtual dari belakang di kartu BPJS anda.

Contoh:
Cara Bayar Tagihan BPJS Terbaru Via ATM

kode+01261832477

Nomor virtual Account untuk bank 
BRI kartu tersebut adalah 8888801261832477, 
BNI 8888801261832477, dan 
Mandiri 8988801261832477

Lalu Bagaimana cara bayarnya?

BAYAR BPJS MELALUI ATM MANDIRI:

  1. Siapkan Kartu ATM Bank Mandiri anda
  2. Masukan kartu ATM anda ke mesin ATM
  3. Pilih bahasa dan diikuti PIN ATM anda
  4. Selanjutnya pilih “BAYAR / BELI”
  5. Kemudian pilih menu “LAINNYA”
  6. Lanjutkan dengan memilih menu “BPJS”
  7. Pilih salah satu yang anda ikuti “BPJS Kesehatan” atau “BPJS Ketenagakerjaan”
  8. Selanjutnya pilih menu “INDIVIDU” apabila anda membayar individu atau pilih “BADAN USAHA” bagi anda yang ingin membayarkan karyawan
  9. Setelah itu masukan kode 89888 kemudian tambahkan 11 angka dari belakang Nomor Virtual Account (nomor yang ada pada kartu BPJS) lalu tekan “BENAR“
  10. Input jumlah bulan yang akan dibayar,  untuk pembayaran 1 bulan maka masukan angka 1 jika 2 bulan masukan angka 2, lalu tekan “BENAR“
  11. Setelah itu akan muncul konfirmasi pembayaran pada layar, tetapi jangan terburu-buru memilih “YA” tapi ketikkan angka 1 dahulu.
  12. Akhirnya anda berhasil melaukan pembayaran BPJS melalui mesin ATM

BAYAR BPJS MELALUI ATM BRI:

  1. Masukan kartu ATM ke Mesin ATM
  2. Pilih Bahasa kemudian ketik nomor PIN
  3. Selanjutnya pilih “Transaksi Tunai”, atau “Paket Tunai” pada menu
  4. Lalu pilih “Transaksi Lainnya”
  5. Pilih “Pembayaran”
  6. Setelah itu akan muncul pilihan, pilih “Lainnya” sampai anda jumpai menu BPJS jika belum ada maka pilih lagi “Lainnya”
  7. Pilih BPJS
  8. Pilih BPJS Kesehatan
  9. Masukan nomor virtual account anda
  10. Muncul nama dan cek kesesuaian data
  11. Masukan jumlah nominal yang akan dibayar sesuai kelas anda.

CARA BAYAR BPJS MELALUI ATM BNI:

Pembayaran melalui bank BNI pun tidak berbeda jauh seperti kedua ATM diatas. Anda tinggal menyesuaikan dengan langkah-langkah di atas. Intinya yaitu menu
“Pembayaran” -> BPSJ -> Masukan Virtual Account -> Pilih Kelas -> dan selesai.

Semoga bisa membantu! jangan lupa bagikan ke teman atau saudara anda untuk membantu Cara Bayar Tagihan BPJS Terbaru Via ATM.

Tidak ada komentar: